Winter Holiday di Marsa Alam, Mesir

Home sweet home. Ya, akhirnya kami berada di rumah kembali setelah  menghabiskan 2 minggu liburan di Marsa Alam, Mesir. Tidak banyak yang kami lihat di Mesir karena tujuan liburan kali ini memang hanya untuk recharging body and mind alias hanya bermalas-malasan di resort, menikmati pantai dan mataharinya di kala benua Eropa sedang mengalami musim dingin. Orang Jerman biasa menyebut liburan semacam ini ‘Erholungsurlaub‘ atau ‘Badeurlaub‘ yang arti harafiahnya berdasarkan kamus pribadi Beth adalah liburan cibung-cibung – karena aktifitas utamanya memang bermain air di kolam renang dan di pantai (termasuk berjam-jam berjemur tentunya). Untungnya resort kami terletak di tepi laut merah yang terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang indah sehingga saya yang aslinya tidak bisa bertahan lama berjemur dan diam di atas kursi malas bisa snorkling hampir setiap hari.

Kami berangkat dari bandara Cologne-Bonn pada hari Minggu tanggal 27 Desember 2015 dengan niat untuk merayakan tahun baru di sana. Penerbangan ke International Airport Marsa Alam memakan waktu 4 jam. Untuk empat jam penerbangan ini, Mila membawa sekoper mainan dan satu ransel tas penuh jajan supaya tidak rewel selama di pesawat. Delapan butir surprise eggs pun disiapkan tapi diumpetin dulu, hanya dikeluarkan ketika sogokan yang lain tidak mempan. Alhamdulillah kami hanya perlu mengeluarkan satu telur dalam penerbangan tersebut.

sangu mila
Koper isi mainan dan satu box jajan. Boxnya itu nanti dimasukkan ke ransel yang penuh jajan juga 😀

Di Bandara Internasional Marsa Alam

Ketika kami tiba di bandara kecil Marsa Alam, sekitar pukul 17.00 waktu setempat, saya sempat kaget ketika penyambutan pertama yang kami temui adalah para agen tour. Saya pikir kami harus melewati imigrasi dulu di mana saya yang WNI harus pisah antrean dengan anak dan suami. Para agen tour ini berteriak-teriak memanggil penumpang yang sebelumnya sudah booking paket liburan dari mereka. Kamipun menghampiri agen tour kami, yaitu Vtour.

Kami bukan satu-satunya keluarga yang menggunakan jasa Vtour dan selain itu banyak agen-agen dari tour lain yang entah kenapa semuanya terburu-buru sehingga  suasana terasa chaos. Agen tour kami meminta paspor kami dan tanpa banyak cakap langsung menempel paspor kami dengan visa Mesir. Saya lihat agen-agen tour yang lain juga melakukan hal yang sama. Kami yang  pertama kali ke Mesir lumayan bingung juga, bandara ini nggak ada kontrol imigrasinya atau bagaimana. Lagian saya kan berdasarkan aturan, karena saya WNI, sudah harus apply di kedutaan Mesir di Frankfurt sebelum keberangkatan.  Namun saya pikir ya sudahlah, siapa tahu itu cuman sticker tambahan, pikir saya.

paspor
Visa on Arrival

Ternyata setelah keluar dari keruwetan orang-orang dan para agen tur, baru deh di ujung ruangan terlihat ada loket imigrasi yang mengecek paspor kami. Sayapun baru paham, ternyata kerumunan agen tur tadi ‘nyambi’ sebagai petugas Visa On Arrival (yang tidak berlaku untuk WNI). Entah bagaimana prosesnya seandainya ada pengunjung  yang datang ke Marsa Alam tanpa agen tour, siapa yang akan melayani VOA-nya?  (Pengalaman tentang apply visa ke Mesir bisa dicek di postingan saya sebelumnya.)

Di pemeriksaan paspor yang hanya buka satu loket, visa yang distempel petugas adalah  visa yang dari kedutaan, bukan sticker mini dari agen tur. Setelah kontrol visa, kamipun mengambil bagasi kami dan keluar bandara, mencari agen tour kami yang menyediakan kendaraan transfer ke hotel. Nah di sini terjadi chaos lagi.  Kerumunan para agen tour yang sama kembali mengitari kami para penumpang yang baru datang. Agen tur Vtour kami yang tadi menempel sticker VOA datang lagi untuk menagih pembayaran visa  tersebut. Saya tentu saja menolak membayar karena saya sudah membayar €38,00 di kedutaan Mesir, lebih mahal dari harga Visa pemegang passpor Jerman yang hanya €32,00 (meskipun di sticker visanya jelas-jelas harganya tertera hanya $25- sekitar €23,00). Agen t0ur  tersebut menyalahkan saya yang tidak bilang bahwa saya sudah punya visa. Lah mana saya tahu, waktu dia minta kami menunjukkan visa, dia main tempel saja, plek plek plek? Mentang-mentang pesawatnya datang dari Jerman, dia pukul rata saja menganggap semua penumpang adalah pemegang paspor Jerman. Saya pikir dia tadi hanya mau mencocokkan nama di passpor dengan nama  di list dia. Lagi pula paspor saya warnanya hijau sendiri, kenapa dia tidak curiga?

Si mas agen itu tadinya ngeyel kalau saya harus bayar lagi karena sticker sudah terlanjur ditempel. Sticker artinya duit. Sayapun balik ngeyel dan mungkin karena disertai Mila yang nangis-nangis tak karuan minta keluar dari kerumunan orang, akhirnya mas agen mengalah dan menyobek halaman paspor saya yang ada sticker-nya. Sayapun tak perlu membayar.

Di Resort

Jarak antara bandara dan resort untungnya hanya 10 menit. Lega rasanya ketika memasuki area resort kami, Resta Grand Resort. Suasana natal di hotel terasa masih kental dengan segala dekorasinya. Flipper yang sejak turun dari pesawat serasa forever tantrum langsung bungah melihat Santa yang berdiri  di antara bungkusan kado-kado di lobby. Proses check-in yang disambi dengan suguhan minuman dingin berjalan cepat. Setelah mendapatkan gelang tanda all inclusive, kamipun di antar oleh petugas ke kamar kami.

Mila n Santa

Resort kami terdiri dari beberapa bangunan yang secara keseluruhan berjumlah 396 kamar (dan mereka sedang dalam proses menambah 352 kamarlagi). Kamar kami berada di lantai dua sebuah  bangunan yang terdiri dari 8 kamar. Saking jauhnya dari lobby, kami diantar naik golf cart ke kamar kami. Dalam hati saya happy, kamar jauh dari restoran berarti makin banyak lemak yang terbakar buat jalan. Petugas yang mengantar kami bilang bahwa kamar kami menghadap ke laut namun karena hari sudah gelap, kami hanya bisa mendengar deru ombaknya saja. Baru pada keesokan harinya kami bisa menikmati pemandangan dari balkon kami.

view from room
Kiri: view dari balkon depan. Kanan: view dari balkon belakang.

Untuk liburan kali ini saya sengaja membawa 3 set baju fitness plus sepatunya karena sudah niat untuk tidak menambah berat badan seperti waktu liburan di Turki kemarin. Yah, memang inilah sisi negatif dari Badeurlaub yang all inclusive. Makanan enak-enak  dan minumannya tersedia 24 jam sehari tanpa harus extra membayar lagi. Waktu di Turki kemarin saya tidak membawa baju fitness dan makan uncontrollable karena saya memang penggemar makanan Turki (Turkish delight, oh!). Akibatnya, efek 10 hari liburan waktu itu belum hilang sampai sekarang. Makanya kali ini saya harus lebih hati-hati. Tapi setelah beberapa kali menikmati makanan di resort ini, dari appetizer sampai dessert, saya menyimpulkan bahwa with or without bakar lemak di fitness studio pun, saya tidak akan menambah berat badan karena makanan di sini tidak selezat di Turki. So I take it as a ‘yay’!

Pada hari ke-4 saya sudah kehilangan nafsu makan di resort. Dan apesnya resort kami ini letaknya in the middle of sea and desert. Tidak ada kehidupan lain di sekitar hotel sehingga kami tidak bisa jajan di luar. Menu makanan yang disediakan di restoran-restoran hotel sebenarnya sangat beragam mulai dari local food sampai Chinese dan Italian food tapi semuanya terasa hambar sampai akhirnya pada hari ke -5 saya bertanya ke salah satu kokinya apa mereka punya cabe dan oh baiknya si bapak ini, dia berhasil mendapatkan cabe buat saya meskipun itu cabe jalapeno yang tidak sedasyat Thai chili tapi tidak apa-apa. Sekarang di tiap restoran selalu tersedia irisan cabe buat saya. Bahkan di bagian live cooking omelett dan pasta, tanpa banyak tanya,  ketika mereka melihat saya berjalan menuju mengunjungi counter mereka, merekapun sudah menyiapkan sesendok munjung cabe untuk diolah. Pada hari terakhir saya di hotel, ketika makan pagi saya bilang ke koki bagian telur-teluran bahwa mulai besok dia tidak perlu lagi menyiapkan cabe untuk saya karena malamnya kami harus terbang ke Jerman. Sahutan pak koki, “Oh no! We have a big box of chilies prepared for you! Would you like to bring it home?” Becanda nih si bapak. Belum tahu dia bahwa di rumah banyak cabe super pedes yang menunggu saya 😀 Btw, saya memang satu-satunya turis Asia di resort ini.

Service keseluruhan di hotel ini memang sangat bagus tapi menurut saya service di bagian restoran yang paling top. Pelayannya semua super ramah dan mau repot untuk sesuatu yang dibutuhkan meskipun itu bukan bagian dari service. Selain soal cabe tadi, mereka bersedia menghangatkan susu untuk minum paginya Mila karena yang disediakan sebenarnya hanya susu dingin untuk cereal. Selain itu meskipun restoran tutup jam 22.00, saya masih boleh masuk mengambil roti karena si Mila suka tiba-tiba kelaparan lagi setelah acara mini disco.

Seperti halnya di Turki atau Spanyol bahkan di Indonesia, meskipun tidak ada kebijakan khusus tentang tipping, di sini tipping is welcome. Di sudut restoran-restoran ada sebuah box untuk memasukkan uang tips sukarela kita. Demikian juga di cocktail lounge. Hanya di di restoran untuk gala dinner dan di bagian spa, kalau mau, kita bisa memberikan tips langsung ke orang yang melayani kita. Untuk housekeeping yang rajin membuat kreasi-kreasi menarik dengan handuk di kamar kami, kami meninggalkan tips di atas bantal secara berkala. Beda dengan hotel atau resort di mana kami pernah menginap sebelumnya, housekeeping yang datang membersihkan kamar kami setiap hari adalah orang yang sama, Muhammad. Para karyawan di resort ini hampir semuanya pria, mulai dari bagian reception, kitchen, housekeeping, gardeners, cleaning service, office administration, dll…hanya ada 5 wanita yang bekerja di resort ini, dua pemijat di bagian spa dan tiga hotel animators.

kolase handukS
Macam-macam kreasi handuk dan bantal karya Muhammad.

Satu fasilitas penting yang selalu kami cari di hotel ketika pergi berlibur adalah fasilitas play ground untuk bermain anak-anak. Resta Grand Resort memiliki Spielplatz yang besar serta kids club yang mainannya sangat lengkap. Sayangnya waktu kami berada di sana, tidak banyak turis mini yang menginap sehingga Flipper nyaris satu-satumya pengunjung di kids club. Peserta mini disco yang diadakan setiap pukul 20.30, yang merupakan aktifitas favorit Flipperpun hanya 1-2 anak. Kadang sayapun ikut menari di panggung supaya Giada, hotel animator yang memimpin disco tetap bersemangat memberi intruksi meskipun pesertanya hanya Flipper seorang 😀

Di dalam Kids Club.
Taman bermain anak.
Flipper bersama para crew resort.

Kami berlibur di Mesir di saat tingkat pariwisata di Mesir anjlok gara-gara kecelakaan pesawat dari Sharm El Sheiks menuju Rusia bulan Oktober lalu. Kami sebenarnya sudah booking hotel di Sharm El Sheiks dari jauh-jauh hari sebelumnya yang kemudian setelah kejadian kecelakaan pesawat, kami mengikuti advice dari agen tour untuk pindah ke Marsa Alam. Marsa Alam yang berada jauh dari Sharm El Sheiks (sekitar 300 km naik mobil plus nyebrang laut merah) ikut merasakan dampak dari kecelakaan pesawat tersebut. Di bulan-bulan ini biasanya tingkat hunian Resta Grand Resort isi  80%  karena banyak orang Eropa yang ingin merayakan natal dan tahun baru dengan suhu udara yang hangat. Kali ini tingkat hunian hanya isi 22%. Sangat jauh bedanya tapi tetap masih lebih bagus dari tingkat hunian hotel di Sharm El Sheiks yang nyaris nol persen. Dua dari tujuh hotel animators yang sering ngobrol dengan kami bahkan pindahan dari Sharm El Sheiks. Mereka dipindah ke Marsa Alam karena di sana tidak ada kunjungan sama sekali. Sad. Dan sepertinya tingkat pariwisata di Mesir akan terus anjlok setelah tanggal 8 Januari kemarin terjadi tembak-tembakan di kawasan turis di Kairo, di daerah Pyramid berlanjut dengan serangan di sebuah hotel di kawasan wisata Hurghada pada keesokan harinya. Sedih rasaya membayangkan bila tidak ada lagi turis yang datang ke tempat ini…Apakah bapak tua yang bertugas mencabuti rumput di halaman resort masih diperkerjakan? Apakah Hamyd yang rajin mondar-mandir mempromosikan paket-paket spa akan bisa mempertahankan pekerjaannya? Lalu para hotel animators, kemana lagi mereka akan dipindah? Salah satu pelayan restoran, Sofwan yang sempat pamit ke kami karena akan libur 10 hari merayakan natal di desanya (Di Mesir mereka merayakan natal pada tanggal 7 Januari) dan tidak bisa bertemu kami lagi nanti ketika dia kembali bekerja, apakah dia benar-benar bisa kembali bekerja?

Kegiatan di Resort

Ketika di Eropa sedang mengalami musim dingin, demikian juga di Mesir. Bedanya bila di Eropa suhunya rendah mendekati angka nol bahkan di bawah nol, suhu  musim dingin di Mesir berkisar antara 16-27 derajat celcius. Suhu yang ideal. Sayangnya kadang suhu yang ideal ini disertai dengan angin kencang yang mengakibatkan dinaikkannya bendera warna hitam yang artinya dilarang turun ke laut. No snorkling. Jangankan untuk snorkling, untuk baring-baring di kolam renangpun lumayan membingungkan karena sengatnya panas matahari bila bercampur angin dingin membuat badan menggigil, apalagi kalau kita berada di tempat yang teduh, di bawah payung misalnya, rasanya ingin menyalakan pemanas.  Tak heran bila di area swimming pools banyak mbak-mbak berbikini yang dilapisi jaket tebal plus kupluknya.

Ketika berangin inilah saya biasanya menghabiskan waktu di spa, massage. Di sini ada aturan tertulis bahwa customer dan pemijat harus sama gender-nya. Saya sendiri seumur hidup belum pernah dipijat pria, tapi buat saya pribadi selama mijatnya enak, apapun jenis kelaminnya tidak masalah. Tukang pijat langganan saya di Kerpen sendiri adalah ibu-ibu berpostur kecil yang umurnya di atas 50 tahun tapi tenaganya super. Thai massage emang the best lah menurut saya 😀

Private beach di resort kami airnya sangat jernih. Kami bisa melihat coral dan ikan warna-warni hanya dengan berdiri di pinggiran pantai. Untuk snorkling-pun banyak pilihan, snorkling di pantai yang jaraknya hanya 3 meteran dari bibir pantai atau berjalan dulu ke jembatan yang menjorok ke laut di mana ada tangga ke bawah untuk snorkling ke lautan yang lebih dalam. Di kedua lokasi itu ikan dan coralnya sama-sama cantik dan penuh warna, hanya saja di bagian yang lebih dalam bisa dijumpai jenis-jenis ikan yang lebih besar.

Selain snorkling gratisan di pantai belakang resort, saya juga sempat mengikuti paket snorkling yang diadakan oleh snorkling tour di mana saya berkesempatan melihat seekor kura-kura raksasa dan seekor dugong dari dekat. Begitu melihat kura-kura, saya langsung ingat dengan film Nemo. Kura-kura ini pasti umurnya juga sudah ratusan tahun dan si kura-kurapun melirik nakal seolah mengiyakan dugaan saya. Saya tadinya beranggapan bahwa dugongyang panjangny sekitar 2 meter dan gendut itu adalah binatang pemalas yang hanya klesotan di dasar laut, ternyata saya salah, dia bisa juga berenang indah bergaya zigzag. Lalu belum lagi ikan aneka warna dan coral serta tumbuhan laut yang cantik jelita… Alhamdulillah sekali saya bisa menikmati keindahan alam bawah laut ini. Snorkling terakhir saya sebelum ini adalah di Nusa Dua, Bali yang sayangnya tak seindah di sini.

Foto-foto di pantai belakang resort bisa dilihat di Flickr saya

Jadi kalau mau disimpulkan, saya sebenarnya tidak leyeh-leyeh dan makan melulu di liburan ini. Snorkling hanya absen ketika bendera hitam berkibar. Zumba, dan jogging setiap hari. Massage 3 kali dalam 2 minggu adalah lebih dari cukup bila dibanding dengan aktifitas massage saya yang hanya sebulan sekali di Kerpen. Lalu main air atau main di Spielplatz bersama Flipper. Cukup hectic kan? Belum lagi bingung memilih dessert yang enak-enak dan nonton pertunjukan di panggung yang berganti-ganti setiap malam. Ah menyenangkan. Tapi tetap saja saya lebih senang berada di rumah kembali, back to routine dan merencanakan liburan-liburan selanjutnya 🙂

Ya itulah aktifitas liburan kami di resort. Untuk kegiatan di luar resort, selain snorkling tour,  kami sempat mengunjungi sebuah kota tua dan sebuah kota modern yang akan saya tulis di postingan selanjutnya.

IMG_5378IMG_5379IMG_5380

14 Comments Add yours

1. kutubuku says:

Hati2 sama paspor yang sudah disobek ya, bisa jadi nanti dipertanyakan kalau masuk negara2 yang ketat macam US.

1. zbethz says:

Oh ya? Wah aku nggak kepikiran sampai ke situ. Tapi paspor saya udah mau habis sih, kalau ke US dilihat juga nggak buku paspor yg lama? ( Kayak mau ke US dlm waktu dekat aja hihi…)

1. kutubuku says:

kalau visanya tertempel di buku paspor lama ya diliat yang lama, tapi klo belum apply ya (apply di paspor baru ya nggak diliat sih).

Hati2 soal paspor, banyak negara yang meributkan halaman yang hilang atau rusak.

Liked by 1 person

2. zbethz says:

Makasih infonya mba, aku ntar mau tanya ke KBRI mumpung mau sekalian ganti nama di paspor 🙂

2. adhyasahib says:

resortnya bagus banget dan lengkap, duh kasian juga ya sama mereka2 yang bakalan kehilangan kerjaan, semoga keadaan di mesir sana cepat pulih biar lebih banyak lagi wisatawan yang datang kesana 🙂

1. zbethz says:

Iya amiin… Such as beautiful land and beautiful people. Jadi ingat pas tingkat wisata di Bali anjlok gara-gara bom waktu itu… Pulihnya lama 😦

3. ichasavitry says:

Apik banget laporannya, Beth. Really enjoyed reading it. Apalagi foto2nya. Profesional semua! Btw mobil golf namanya golf cart :-).

1. zbethz says:

Wah suwun banget ya Icha, jadi tersipu-sipu nih secara aku ni blogger anyaran hihi… Sip, thanks Cha aku edit deh nama mobilnya 😉

Liked by 1 person

1. ichasavitry says:

Ternyata dirimu pintar bercerita, ya. Lanjut, Beth! Mudahan aku ketularan rajin ngeblog juga.

2. zbethz says:

Ayo ngeblog Cha, ini aku udah ketularan kamu untuk bercerita 😊

4. Mindy says:

Forever tantrum hihii… Abis baca ini jadi pengen nyobain nginep di all inclusive resort deh. Belum pernah karena pilihan jatuhnya ke Ferienwohnung atau Jugendherberge lagi atau hotel.

1. zbethz says:

Enaknya kita ga perlu mikir makan apa/ di mana dan entertainment buat bocil Mindy, trus kalau suka hiking ya tinggal cari yang lokasinya deket tempat hiking 🙂 Di Mallorca banyak tuh, resortnya ada pantainya trus nggak jauh dari gunung2, lengkap 😍