Liburan praktis di Center Parcs

Beberapa minggu yang lalu dari tanggal 28 Oktober sampai 1 November, kami berlibur ke negara sebelah dan cari yang praktis-praktis saja yaitu di Center Parcs . Sebenarnya kami sudah diajakin oleh teman kami Sabrina dari beberapa bulan sebelumnya namun kami baru bisa booking dadakan karena menunggu  cuti  saya untuk tanggal 31 Oct.-nya  (hari Senin) disetujui oleh pak bos. Suami juga harus cuti tentunya, tapi dia sudah dapat persetujuan jauh-jauh hari sebelumnya.

Liburan di Center Parcs saya bilang praktis karena memang semuanya ada di sana, banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh segala usia dari bayi hingga kakek nenek. Memang sih orientasi orang ketika mendengar kata liburan adalah pergi   ke tempat yang jauh, yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, yang pemandangannya indah atau yang kulturnya berbeda dengan kultur di mana kita tinggal, yang ada pantainya… Namun liburan bagi kita juga berarti take a break dari rutinitas sehari-hari, menepi agak jauh dari tempat tinggal sehari-hari sehingga tidak perlu mikir beberes, bayar listrik, colokan rusak, panci kotor, dll… Dan untuk itu 4 hari, 3 malam away dari rumah untuk menginap ke Center Parc Het Meerdal, yang tepatnya berada di desa America, kota Limburg, negara Belanda yang hanya berjarak 1 jam dari rumah kami sudahlah cukup (selain di sini, Center Parcs juga ada di 35 tempat lainnya yang tersebar di Eropa).

IMG_3113eS.jpg
Welcome to America!

AKOMODASI

Sialnya, karena booking-nya dadakan kami mendapat harga yang jauh lebih mahal dari  harga yang didapat Sabrina family  yang sudah booking dari beberapa bulan sebelumnya. Kebetulan hari Selasa tanggal 1 November adalah tanggal merah di Belanda dan Jerman sehingga pada hari Senin kejepitnya banyak yang libur dan mengunjungi Center Parcs, hargapun melonjak. Untuk bungalow yang kami sewa (rumah seluas 57m2 berisi 2 kamar tidur, dapur, ruang tamu, ruang makan, kamar mandi dan teras belakang), kami mendapat harga sekitar €400,- untuk 3 malam. Sabrina yang menyewa bungalow yang sama untuk waktu yang sama persis mendapat harga €200,-. Lumayan ya bedanya?

Oh iya, bungalow yang mau disewa di sini banyak  pilihannya ya, tidak hanya berdasarkan berapa isi kamar tidurnya namun juga fasilitasnya, misalnya yang ada dishwasher-nya, yang ada outdoor grill-nya, yang lebih luas dan modern, TV flat screen atau cembung, dll. Rumah yang kami ambil itu termasuk standard, bukan yang termurah tapi juga bukan yang luxury.

Center Parcs Het Meerdal dibangun pada tahun 1971, tak heran bila bangunan bungalow-bungalownya sudah terlihat tua, at least dari luar dan ini yang menganggu saya karena di bagian luar bungalow seperti di jalan setapak batu-batuan yang menyambungkan rumah ke jalan dan teras belakang penuh lumut dan tampak kusam. Saya kan anti lumut, jadi melihatnya gimana gitu… Tapi mungkin juga karena itu bulan November ya, saat musim gugur yang lumayan sudah dingin dan lembab. Kalau musim panas mungkin lumut-lumutnya hilang. Kalau dari dalam sih nggak terasa tuanya, ruangannya disusun sedemikian rupa dengan perapian dan juga dinding kaca di satu sisi yang membuat ruangan kaya cahaya matahari. Sangat cozy.

Market utama Center Parcs adalah family, tak heran bila fasilitas untuk anak kecilpun lengkap-kap. Di bungalow kami tersedia high chair, baby bed bahkan colokan listriknya pun ada pengamannya. Fasilitas di luar bungalowpun tak kalah banyak. Laufrad (sepeda tanpa pedal), sepeda anak atau kursi bayi buat sepedapun bisa disewa. Jalanan di dalam Center Parcs car free. Kita boleh membawa mobil masuk hanya untuk dropping barang-barang, setelahnya harus parkir di tempat yang ditentukan (yang lumayan jauh :D). Asyiknya di sini lingkungannya sangat hijau, sejauh mata memandang adalah pohon oak dan pinus yang menjulang tinggi dan juga banyak rusa berkeliaran dengan bebasnya. Jarak bungalow satu dengan yang lain tidak terlalu dekat sehingga privacy sangat terjaga.

img_3160es
Jalan aspal depan bungalow yang car free.
img_3196es
Bungalow yang kami tempati untuk 3 malam dengan deko Helloween dari Sabrina.
img_3226es
Pintu di sebelah mini kitchen itu adalah pintu ke kamar mandi.
img_3225es
Cozy room dengan perapian, TV dan dinding kaca. Pintu di sebelah kanan itu adalah pintu ke kamar anak.
img_3153es
Pemandangan dari dinding kaca dengan surprise guests di teras belakang.
 

KEGIATAN DI CENTER PARCS

Menurut saya liburan di Center Parcs enaknya pada saat cuaca sudah dingin, meskipun berlibur di musim panas juga pasti asyik tapi kan kalau summer enaknya main ke pantai atau di pegunungan tinggi (dan  pemandangan indah-indah seperti idealnya liburan yang saya tulis di atas tadi). Nah di saat mati gaya di musim dingin dan nggak niat untuk main seluncuran di salju, Center Parcs bisa menjadi alternatif. Di sini selain banyak outdoor activities seperti children safari, pony riding, cycling, walking, berenang di outdoor swimming pool atau di danau, tawaran kegiatan indoor-nya juga tak kalah menarik beberapa di antaranya Thermo indoor swimming pool, indoor water activities, bowling, mini golf, dll.

Sayangnya waktu itu kami tidak bisa berenang, karena Flipper mendadak pilek berat padahal saya bela-belain membeli bikini baru di sana karena lupa tidak membawa bikini dari rumah. Tapi tidak apa-apa, kami toh bisa jalan-jalan mengelilingi komplek Center Parcs semampunya. Ya semampunya saja karena komplek Center Parcs ini luas banget (yang sayang saya tidak bisa menemukan luas sebenarnya di website mereka), dan dengan Flipper pasti banyak acara berhentinya di sana-sini. Di resort ini taman bermain buat anak-anak hampir selalu ada di setiap sudut. Selain taman bermain, yang  tak bisa dilewatkan oleh Flipper adalah mini zoo yang isinya kambing, biri-biri, ayam, kelinci, hamster dan buruk merak. Di sini kami boleh masuk dan mengelus-elus binatangnya (kecuali si merak).

Tidak semua permainan di sini gratis tapi menurut saya harganya masih masuk akal. Misalnya di sini ada 2 trampolin outdoor dan 4 indoor, untuk main trampolin ini dikenakan biaya €1 untuk enam menit. Mahal memang. Tapi bayangkan, bila gratis, pasti Flipper nggak akan kebagian main trampolin karena berebutan dengan anak-anak yang sudah gede. Kami juga sempat menyewa perahu berpedal (apa sih itu namanya ya? Yang berbentuk bebek) untuk mengelilingi danau tapi saya takut sendiri karena Flipper pecicilan di atas perahu, jadinya nggak mau berlama-lama di atas air.

img_3112es
Flipper bermain di tepi danau.
img_3129es
Taip hari mengunjungi si kambing favoritnya di mini zoo.
img_4104aes
Keluar masuk tunnel mencari harta karun.
img_4150aes
Mengumpulkan jamur di hutan.

Di tengah-tengah Center Parcs terdapat Market Dome, di mana segala aktifitas indoor berada. Mulai dari pertokoan, resto, game house hingga thermal swimming pool. Selain harga makanan di restoran yang tergolong mahal, harga wifi di sini juga mahal, yaitu  €15/ day. Tapi siapa siiih yang butuh internet di saat liburan?  😉  Untungnya nih (orang Jawa pokoknya untung mulu), selama menginap kita mendapat akses internet gratis selama 30 menit tapi hanya berlaku bila kita berada di Market Dome. Selain itu, meskipun mahal, makanan di sana rasanya enak-enak. Kalau mau ngirit   bisa juga bawa bahan makanan dari rumah atau belanja di supermarket yang tersedia di sana trus masak sendiri. Oh iya di dalam supermarket situ banyak dijual makanan instant Indonesia lho, ada bapao, ayam kecap, nasi goreng, dll. Kita tinggal manasin aja di microwave yang tersedia di dapur rumah. Saya sih hanya mencoba bapao isi daging sapinya. Enyak. Sempet nyesel juga kenapa nggak beli banyak sekalian, buat simpenan di rumah.

img_3206es
View dari pancake restoran.
img_3208es
Salah satu sudut di Market Dome.
 

img_3200es
Fasilitas lapangan tenis.
img_3203es
Salah satu fasilitas bermain anak-anak indoor.
img_3221es
Kiri: Night club untuk segala umur. Kanan: indoor mini golf yang kalau kosong jadi arena panjat-panjatan.

Kegiatan kami selama empat hari relax sekali. Kalau di ‘liburan sesungguhnya’ biasanya kami mengatur jadwal untuk melihat daerah ini itu atau ikut kegiatan nyelam, tour, dll…di sini kami nggak punya target apa-apa, hanya relaxing, bermain, baca buku, jalan-jalan dan makan. Pada siang hari biasanya kami berpisah dengan Sabrina family. Sabrina, Peter suaminya dan anak kembar mereka Johan dan Johanna biasa menghabiskan siang di kolam renang. Pada malam harinya baru kita berkumpul bersama untuk makan malam di restoran tertentu.Oh iya untuk makan di estoran sebaiknya booking tempat dulu ya, atau makan di luar jam makan karena kalau pas dinner time mereka selalu penuh.

Pada hari Minggu malamnya, kami berkumpul bersama merayakan Helloween bareng-bareng. Saya sih bukan fans berat Helloween, apalagi hubby. Flipper dan anak-anaknya Sabrina yang berusia 5 tahun malah nggak paham apa itu Helloween tapi rupanya si emak Sabrina yang Helloween freak. Dia sudah well prepared dari rumah, membawa hiasan-hiasan gantung Hellowen untuk digantung di bungalow serta buku-buku ide sajian Hellowen, kita tinggal belanja bahannya dan baking ketika para suami membawa bocah main panjat-panjatan. Setelah dinner dengan Italian food delivery dari restoran , kitapun menikmati jajanan-jajanan serem Helloween. Ini bikinan saya yang laku keras hihi… Krius-krius rasanya.

img_3095s

Senin sore kami sudah berada di rumah lagi di Jerman. Kesimpulannya, kami semua feel relaxed, baterinya full lagi. Center Parcs cocok banget untuk short holiday bahkan untuk yang tight budget sekalipun. Triknya gampang, selalu pantau harga di website mereka. Kalau pas tidak ada tanggal merah harga di Center Parcs Het Merdaal harga dimulai dari €130/ 3 nights. Mau nginep less dari tiga malampun bisa, tergantung kebutuhan. Hitungan 3 nights itu standard mereka.

Dibandingkan dengan Tropical Island di Brandenburg Jerman, liburan di Center Parcs lebih kaya aktifitas dan lebih berasa alamnya, mungkin karena areanya yang jauh lebih luas. Perbandingannya mungkin, kalau Center Parcs adalah sebuah kelurahan, maka Tropical island hanyalah sebuah RT. Kalau di Tropical Island suhu di seluruh dome-nya adalah suhu summer, di Center Parcs-pun juga demikian, Market Domenya juga bersuhu summer, selebihnya suhu alam.

Buat yang punya anak-anak atau mau mangajak opa-oma, it’s really worth a visit. Apalagi Center Parcs lokasinya tersebar di mana-mana. Kalau tertarik, coba dilihat lokasi yang terdekat dengan kotamu.

IMG_4166aES.jpg
Fab autumn di hutannya Center Parcs.
IMG_3223eS.jpg
Yang nulis ikut nampang boleh yaa 😀

Advertisements

8 thoughts on “Liburan praktis di Center Parcs

  1. Wah, ok juga ya Beth tempatnya. Bisa lumayan buat leyeh leyeh nyantai tanpa harus mikir menu harian atau mikir ngelipet jemuran haha. Bisa jadi ide liburan dalam negri ini (huahha bahasaku lho ngguayaa). Thanks Beth ceritanya. Jadi menimbulkan ide liburan yg dekat jaraknya. Di DH ini ada kayaknya satu Center Parcs, pernah beberapa kali lihat tulisannya, tapi mbuh tepatnya di mana.

    Like

    1. Iya Den, asal kamu jangan bawa empon-empon ya… ntar malah usrek masak hehe… Di Belanda sepertinya Center Parcs-nya paling banyak Den, cobainlah sama om Ed 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s