Aktifitas bersekolah

Selamat datang bulan Oktober (maaf, rada telat welcoming-nya), bulan kesayangan saya yang biasanya goldy October tapi kok so far Oktobernya basah mulu nih! Hujan tiap hari, rasa sayang saya pun berkurang. Haha…apaan siih… Anyway, saya mau cerita tentang perkembangan sekolah si Flipper. Secara saya juga masih meraba-raba dengan sistem dan aktifitas sekolah di Jerman, hal-hal…

Yay! Flipper masuk SD!

Alhamdulillah, akhirnya sejak tanggal 29 Agustus kemarin si Flipper sudah official jadi anak SD. Saya tidak akan cerita tentang sistem sekolah di Jerman yang berbeda dengan di Indonesia, tapi mau cerita sedikit tentang ritual hari pertama masuk sekolahnya saja. Di sini hari pertama masuk sekolah namanya Einschulungstag dan itu merupakan a big thing dimana papa,…

Ransel Anak SD di Jerman

Kapan hari di Instagram ada yang membahas sedikit tentang ransel anak sekolah di Jepang yang berbentuk kotak but keren itu. Saya baru tahu, ternyata ransel sekolah anak-anak di Jepang itu dilengkapi dengan peluit dan pelampung demi keamanan anak-anak. Wah, ternyata tidak hanya ransel anak sekolah di Jerman aja memiliki kriteria khusus, tapi di Jepang juga….

Flipper mau masuk SD

Tanggal 29 Agustus besok bakalan menjadi hari bersejarah buat kami karena di hari itu Flipper resmi menjadi anak Grundschule-SD, yay! Nggak terasa anak kecil yang waktu bayi dulu suka kembung perutnya, yang sempat nggak bisa tidur sendirian di kamarnya, yang ketika pertama-tama masuk TK pemalu nggak mau ngomong sama orang sekarang sudah mau masuk SD….

Culture Shock (?)

Saya nih ya, meskipun sudah 12 ya tinggal di Jerman tapi masih saja suka baffled dengan kebiasaan atau etika orang sini. Di bawah ini adalah beberapa contoh kasus kecil yang memaksa saya untuk menoleh mendadak ke si ‘oknum’ dan memandangnya nanar (tapi sebentar saja). Kasus 1 Lagi brunch bareng bersama dua temen baik. Dua-duanya orang…

Visit Dokter Gigi

Mumpung kemarin baru visit dokter gigi dan mood nulis, saya tulis sedikit tentang visit dokter gigi di sini ah. Kalau nggak segera ditulis ntar bisa bertahun-tahun nongkrong di draft aja haha. Di sini dianjurkan ketika anak mulai tumbuh gigi, saat itu pula harus dijadwalkan visit rutin ke dokter gigi maka kamipun mulai mengajak Flipper ke…

Ketika di Jerman – part2

Sesuai janji saya dulu kala, yang meskipun lama tapi tak pernah lupa, berikut ini kebiasaan orang Jerman part 2. Sambungan dari yang part 1 tentunya. Judulnya saya ganti, tidak lagi tentang ‘kebiasaan’ tapi ya random aja tentang apa yang biasanya terjadi/ berlaku ketika di Jerman. Orang Jerman Punya Tool dan Outfit Untuk Segala Keperluan. Waktu…

Tradisi Advent – Menjelang Natal

Sebentar lagi Natal dan suasana di bumi sebelah sinipun mulai lebih ceria dari minggu-minggu sebelumnya. Sebenarnya kita nih nggak merayakan Natal dan sebelum ada Flipper, kami nggak terpengaruh dengan euforia Natal yang kental di negeri ini. Paling cuman ikutan tukar kado aja dengan big family-nya D, pak suami. Tapi sejak ada Flipper kami jadi ikutan…

Kebiasaan Orang Jerman – Part 1

Hai hai…ternyata lumayan lama juga ya saya nggak nulis-nulis di sini. Lagi sibuk ini ituu… Sok sibuk tepatnya hihi… Kali ini tepat banget waktunya, pas males nulis (tapi pengen exist) eh nemu tulisan ini di draft, tentang kebiasaan-kebiasaan kecil orang-orang di Jerman. Yawis diselesaikan aja dulu yang bagian pertama ini. Kebiasaan-kebiasaan ini meskipun sebenarnya nggak…

(Semi) Multilingual Child

Kemarin waktu di Indonesia saya banyak melihat orang tua Indonesia yang ngajak anak balitanya ngobrol dengan bahasa Inggris. Menurut saya bagus banget anak sudah mulai dikenalkan dengan bahasa asing sejak dini. Beberapa teman dan kenalan juga bertanya ke saya kenapa Flipper nggak bisa berbahasa Inggris? Kan dia tinggal di luar negeri? First, Fliper memang tinggal…