Potret Diri

Duluuu pas baru buka bisnis foto studio di sini, saya sempat menyebar brosur di kampung saya yang isinya portfolio singkat karya-karya portrait saya. Tak diduga tak dinyana, banyak orang yang komentar: loh kok ini bukan kamu yang di foto? Loh ini emangnya kamu? Kok blonde? Err…maaf pak, bu, saya kan fotografernya… ini model-model saya yang…

Menjelang Natal di Jerman

(Warning: banyak fotonya) Meskipun aslinya nggak natalan, Natal merupakan sesuatu yang ditunggu di setiap akhir tahun. Selain acara tukar kado yang seru, tentunya acara-acara public dari sebelum hari-H menjadi hiburan tersendiri untuk mengurangi stress di musim dingin. Banyak diskonan adalah salah satunya. Sudah saya amati dari tahun-tahun sebelumnya kalau menjelang Natal banyak toko-toko yang memberi…

Menyanyi Bersama Frau Höpker

Beberapa minggu yang lalu seorang teman yang belum lama saya kenal bertanya apa saya suka menyanyi. Suka dong, saya dulu vocalist di sebuah band kampus yang akhirnya pensiun dan sekarang aktif berkaraoke ria dengan Xbox di rumah atau sambil main gitar semampunya. Si teman ini, sebut saja namanya Penny, lalu mengajak saya ikutan acara menyanyi…

Remember the day when…(4) Brazilian Waxing

Di kota kecil saya ada salon waxing baru dan meskipun saya tahu bahwa di sini rata-rata harus janjian dulu kalau mau ke salon, saya coba saja untung-untungan mampir ke situ. Kalaupun mereka jadwalnya penuh toh masih bisa bikin janji untuk nanti-nanti. Waktu saya masuk ke salon tersebut, ruang resepsionis tampak kosong dan hanya terlihat dua…

Pengaturan Sampah di Jerman

Di beberapa postingan saya sebelumnya, saya sempat menyinggung tentang sistem pembuangan sampah di Jerman yang sangatlah tidak mudah, tidak bisa asal pluk-pluk buang. Di sini sampah dibedakan menjadi DELAPAN golongan. Iya delapan. Pusing nggak tuh memilah-milahnya. Empat diantaranya berada di rumah kita. Makanya jangan heran kalau rumah sebagus apapun, di depannya atau sampingnya pasti ada…

Mengakali Urusan Household Chores

Kemarin pas lagi buka-buka FB, saya membaca status teman lama saya yang isinya begini (dikutip dengan seijin yang penulisnya): “Jika dalam sehari seorang ibu rumah tangga memasak 2 kali, dan setiap kali memasak ada 2 menu (satu jenis sayur dan satu jenis lauk), maka artinya: – Dalam sehari dia memasak 2 menu x 2 =…

Short trip ke kota kecil Monschau.

Saya tahu tentang kota Monschau untuk pertama kalinya di sebuah film di televisi tapi karena film fiksi ya nama kotanyapun fiksi (maaf judul filmnyapun lupa, pokoknya film Jerman deh… ). Waktu itu saya sudah tertarik dengan kota tersebut. Setelah baca blognya Deny yang ini baru ngeh bahwa ternyata kota yang di film itu namanya Monschau…

Wish-List

Jam 3 kemarin sore ada yang ngebel pintu rumah yang ternyata adalah salah satu mami yang anaknya diundang ke ultah Flipper Sabtu besok. Dia hanya mau bertanya si Flipper minta dikado apa. Aih baik banget, bela-belain datang padahal tilpun atau tulis di Whatsapp  saja juga bisa. Saya sebenarnya sungkan kalau mau jawab pertanyaan seperti ini,…

Si Flipper masuk TK

Sebelum melanjutkan cerita tentang road trip kami kemarin, saya mau kasih selingan sedikit tentang si Flipper dulu ya, karena dia barusan masuk TK. Oh iya untuk yang belum tahu, Flipper hanya cyber name, ini bukan nama sebenarnya 😉 Penjelasan singkat tentang istilah-istilah TK  di Jerman Di Jerman ada istilah Kindertagesstätte atau disingkat KiTa yang terdiri…

Kamar kecil di Jerman

Ya…ya…ini tentang kamar yang itu, yang kecil dan fungsinya untuk pipis.Tidak terlalu penting memang, tapi tidak ada salahnya untuk tahu ya 🙂 Dulu waktu masih baru tinggal di Jerman, perbedaan antara Rupiah dan Euro terasa banget, apalagi ketika harus bayar €1,00 untuk pipis dimana €1,00 bila dirupiahkan waktu itu hasilnya sekitar Rp.17.000,00. Bayangkan dengan biaya…