Yay! Flipper masuk SD!

Alhamdulillah, akhirnya sejak tanggal 29 Agustus kemarin si Flipper sudah official jadi anak SD. Saya tidak akan cerita tentang sistem sekolah di Jerman yang berbeda dengan di Indonesia, tapi mau cerita sedikit tentang ritual hari pertama masuk sekolahnya saja. Di sini hari pertama masuk sekolah namanya Einschulungstag dan itu merupakan a big thing dimana papa,…

How to throw a birthday party for children

Every year we celebrate Flipper’s birthday 3 times. Well it’s not as luxury as it sounds though. The first celebration is always in the exact birthday where we celebrate it with small cake right away after Flipper wakes up in the morning. That’s it. Sometimes we also celebrate it with dinner with grandpa, grandma and…

Flipper mau masuk SD

Tanggal 29 Agustus besok bakalan menjadi hari bersejarah buat kami karena di hari itu Flipper resmi menjadi anak Grundschule-SD, yay! Nggak terasa anak kecil yang waktu bayi dulu suka kembung perutnya, yang sempat nggak bisa tidur sendirian di kamarnya, yang ketika pertama-tama masuk TK pemalu nggak mau ngomong sama orang sekarang sudah mau masuk SD….

She doesn‘t want to be an astronaut

Yesterday after dinner Flipper and hubby had a serious talk about the return of the astronaut Alexander Gerst (her big idol at the moment) from ISS Station to the planet earth tomorrow, 20 December 2018. They talked about if Alex’s happy finally able to stand on the ground normally, what food he will eat for…

Si Bocah Abis Gali Sumur

Summer oh summer… Dimana setiap pulang sekolah, penampilan si bocah seperti abis gali sumur. Kalau nggak basah kuyup ya penuh pasir atau dua-duanya…basah dan belepotan pasir. Kalau cuaca bagus, anak-anak di TK-nya Flipper memang banyak beraktifitas di luar kelas. Di halaman belakang, mereka punya mini water park dimana anak-anak bisa main perosotan dan mainan pasir…

Ngobrol dengan anak umur 5 tahun tentang tragedy di gua Tham Luang Thailand

Drama di gua Tham Luang Thailand sudah berakhir dengan happy ending dan sampai sekarangpun saya masih rajin mengikuti beritanya; how are the boys doing now, sudah bisa makan normal apa belum, sudah bisa memeluk bapak ibunya apa belum.  Duh, drama tentang anak-anak yang terjebak di gua tersebut memang menyita perhatian saya sejak beritanya muncul di…

Si Drama Queen: Nggak Boleh Berlebihan

Flipper: Mama, si A lama banget deh kalau main puzzle. Capek deh nunggunya, kan aku juga mau main. Saya: Mungkin dia butuh bantuan? Udah pernah nanya, apa dia perlu dibantu? Flipper: Mama, sie muss einfach mehr Mühe geben, dann kann sie alles schaffen (Mama, dia hanya perlu ngasih more effort biar bisa berhasil dalam segala…

(Semi) Multilingual Child

Kemarin waktu di Indonesia saya banyak melihat orang tua Indonesia yang ngajak anak balitanya ngobrol dengan bahasa Inggris. Menurut saya bagus banget anak sudah mulai dikenalkan dengan bahasa asing sejak dini. Beberapa teman dan kenalan juga bertanya ke saya kenapa Flipper nggak bisa berbahasa Inggris? Kan dia tinggal di luar negeri? First, Fliper memang tinggal…

Random Sunday- Ketika di Indonesia

Iyah, nggak terlalu random, ini cerita-cerita pendek  pas kita liburan 6 Minggu di Indonesia kemarin. Selama di Jogja, saya banyak wira-wiri dengan Grab dan Gojek, dimana saya nggak perlu lagi takut dikerjain argo sopir taxi dan nggak perlu ngrepotin mama untuk nganter kesana-sini (secara udah nggak berani nyetir si sini). So far saya selalu punya…

Hari Pertama Masuk SD (Einschulungstag)

Kemarin di provinsi North Rhine Westphalia Jerman merupakan hari pertama anak-anak masuk SD atau di sini disebut Einschulungstag. Di sini hari pertama masuk SD adalah a big thing buat para orang tua. Eh pastinya di Indonesia juga ya, di mana para orang tua terharu biru karena si anak yang dulunya bayi, lalu menjadi toddler, kini sudah…